Blogger Widgets

News Update :
Home » , , » Macam - Macam Aplikasi Perkantoran

Macam - Macam Aplikasi Perkantoran

Penulis : Unknown on Senin, 23 Desember 2013 | 19.31

Dalam dunia perkantoran, tentunya sebagian besar aktivitas pegawainya berada di depan komputer/PC atau Laptop. Kali ini saya akan membagi sedikit pengetahuan tentang Aplikasi yang sering digunakan dalam dunia perkantoran. Beberapa aplikasi itu sebagai berikut :

  • Microsoft Office
Microsoft Office dikeluarkan oleh Microsoft dan dipakai untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan kantor (office work). Software yang satu ini masih terus disempurnakan dan fasilitasnya juga masih terus ditambah.
Microsoft Office ini terdiri dari
1. Microsoft Office Word
Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.


2. Microsoft Office Excel


Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika). Program ini sering digunakan oleh para akutan untuk menuliskan atau mencatat pengeluaran dan pemasukan didalam perusahaan atau suatu lembaga maupun instansi-instansi kecil. Microsoft Excel juga sering digunakan oleh ibu rumah tangga untuk menulis atau mencatat keuangan dalam rumah tangga sepertihalnya pengeluaran atau pemasukan dalam tiap bulan atau minggu.           

  3. Microsoft Office Power Point
Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.
 

  4. Microsoft Office Outlook
Microsoft Outlook adalah sebuah program personal information manager dari Microsoft, dan  bagian dari suite Microsoft Office. Walaupun biasanya hanya digunakan untuk mengirim dan membaca surat-e, program ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat, kalender, dan jadwal bersama.
 
  • OpenOffice.org 
Open Office adalah software aplikasi perkantoran yang biasa dipakai dalam sistem operasi Linux. Tapi sebenarnya, Open Office bisa juga kita pakai pada sistem operasi Windows. Open Office dilengkapi fitur yang hampir sama dengan Microsoft Office, yaitu pengolah kata, spread sheet, penyaji presentasi, dan fitur lainnya. 
Open Office ini terdiri dari : 
1. OpenOffice.org Writer
OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.
Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).
Fungsi OpenOffice.org Writer ini hampir sama dengan MicrosoftOffice Word
2. OpenOffice.org Calc
Openoffice.Org Calc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik. Fungsi OpenOffice.org Calc ini hampir sama dengan MicrosoftOffice Excel
3. OpenOffice.org Impress
Openoffice.Org Impress atau dikenal dengan sebutan IMPRESS saja adalah Perangkat lunak untuk membuat presentasi multimedia dan media interaktif.  Fungsi OpenOffice.org Impress ini hampir sama dengan MicrosoftOffice Power Point
4. OpenOffice Base
Openoffice.Org Base atau dikenal dengan sebutan BASE saja adalah Perangkat lunak untuk memanipulasi dan memanajemen database. Pembuatan input data, sekaligus memanipulasi dan membuat laporannya dapat dikerjakan dengan BASE ini.

Mungkin hanya itu saja aplikasi yang bisa saya share, sebenarnya masih banyak lagi. Namun aplikasi" di atas merupakan yang paling sering digunakan saat ini.
Share this article :

+ komentar + 10 komentar

5 September 2015 pukul 06.33

izin copas min,buat tugas kuliah

6 September 2015 pukul 00.08

aduh bakalan sama bro tugas kita

29 September 2015 pukul 06.41

es saya izin mau saya salin ke buku, buat tugas sekolah

1 Oktober 2016 pukul 21.34

sangat membantu.

9 Maret 2017 pukul 16.44

makasih ilmu nya kak...

16 Maret 2017 pukul 23.39

nih software buat kantor investasi , akuntansi , menejemen keuangan.
cek aja di http://kementeriankeuangan.com/ atau kunjungi Software Akuntansi

10 September 2017 pukul 05.02

Barokah ilmunya, terimakasih ya.

26 Februari 2019 pukul 18.35

Mantap

4 September 2019 pukul 17.17

izin copy untuk tugas

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, budayakan berkomentar pada artikel yang telah anda baca, karena komentar anda sangat membantu guna perkembangan Blog saya ini :D

Sign

Afris

 
Design Template by panjz-online | Edited by Cupris | Powered by Blogger